Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cek Imei HP Sony Xperia untuk Semua Tipe

Cara Cek Imei HP Sony Xperia untuk Semua Tipe
Selain Nokia, Siemens dan Motorola, Sony merupakan salah satu merek handphone ternama di Indonesia. Produk asal Jepang ini sangat digemari masyarakat karena fitur dan spesifikasinya yang canggih. Namun, kepopuleran Sony tak luput dari tangan orang-orang jahil yang memalsukan perangkat tersebut.

Agar tidak tertipu, Anda harus memeriksa ponsel dan perangkat lunak untuk perangkat tersebut. Pengecekan melalui nomor IMEI untuk membuktikan keaslian ponsel tersebut akurat. Pasalnya, IMEI suatu perangkat itu seperti KTP bagi manusia, tidak bisa diduplikasi.

Cara Cek IMEI di HP Sony Xperia

Memeriksa IMEI perangkat seluler mungkin kurang populer dibandingkan memeriksa sensor dan perangkat lunak di ponsel. Namun, jangan remehkan baris kode unik ini. Dari nomor tersebut kita bisa mendapatkan informasi mengenai tanggal produksi, asal dan spesifikasi ponsel tersebut.

Jadi jangan sampai ketinggalan mengecek IMEI saat membeli ponsel. Apalagi jika Anda membeli ponsel bekas. Begini caranya.

1. Melalui Nomor Dial

Sepanjang sejarah Sony di bidang mobile, sudah banyak jenis handphone yang diproduksi oleh perusahaan yang dahulu bernama Sony Ericson. Setiap ponsel yang dirilis selalu memiliki fitur dan spesifikasi yang semakin canggih.

Untuk memastikan bahwa ponsel Sony yang Anda beli adalah produk asli, Anda harus memeriksa IMEI. Langkah pertama untuk mengecek IMEI pada ponsel Sony adalah dengan menggunakan kode rahasia.

Tekan *#06#, lalu tekan call/OK pada keyboard. Setelah itu layar akan menampilkan informasi nomor IMEI pada ponsel.

Jika nomor IMEI terbaca, Anda akan melihat nomor unik di layar. Namun, jika nomor IMEI tidak valid, kemungkinan besar ponsel Anda bukan buatan pabrik Sony asli. Mungkin ponsel Sony tersebut merupakan produk replika atau produk pasar gelap.

2. Pengaturan HP

Selanjutnya, Anda bisa mengecek IMEI di menu pengaturan ponsel. Cara ini bisa digunakan pada handphone dari merk lain. Namun biasanya pada tipe ponsel yang lebih baru detail IMEI pada menu ini lebih lengkap.

Menu pengaturan ponsel tidak hanya berisi manajemen aplikasi, suara, layar dan lain-lain. Dari menu ini Anda dapat memeriksa IMEI ponsel. Ulasan ini menunjukkan bahwa ponsel tersebut adalah produk asli. 

Berikut langkah-langkah cek IMEI Sony melalui menu pengaturan ponsel.

  1. Pertama, pilih menu pengaturan ponsel yang tersedia di ponsel Sony. Biasanya menu pengaturan ditandai dengan ikon roda gigi.
  2. Pilih opsi tentang telepon.
  3. Pada opsi about phone, terdapat informasi tentang ponsel, seperti update software, model ponsel, status dan warna ponsel. Bahkan pada ponsel Sony berbasis Android, menu ini hadir dengan nomor telepon dan opsi jaringan dan lainnya.
  4. Pada menu status, Anda akan melihat tampilan berbagai informasi, seperti status baterai dan alamat IP. Untuk memeriksa nomor IMEI, klik opsi informasi IMEI.
  5. Setelah itu, IMEI ponsel menampilkan rangkaian angka yang merupakan nomor IMEI perangkat.
  6. Setelah itu, Anda bisa mengecek keaslian perangkat dengan memasukkan deretan angka di situs www.IMEI.info. Jika nomor IMEI valid, maka Anda akan melihat informasi lengkap tentang ponsel seperti tahun pembuatan, nomor seri, garansi, dan pabrikan. 

3. Melalui Body HP

Kode IMEI sengaja disebar di beberapa lokasi, salah satunya di hardware ponsel. Penyematan nomor IMEI di bodi ponsel bukan tanpa alasan. Dengan adanya nomor IMEI pada bagian ini maka keaslian ponsel bisa dibuktikan.

Jika nomor IMEI di bodi ponsel tidak sesuai, berarti ponsel tersebut bisa jadi ponsel palsu, atau bisa jadi ponsel kanibal (bekas service terpasang), atau bahkan ponsel black market, seperti yang sudah dijelaskan. di atas.

Anda bisa melihat nomor IMEI pada bodi ponsel yang menggunakan baterai lepas di bagian belakang ponsel. Tepat di bawah baterai. Jika ponsel menggunakan baterai built-in, nomor IMEI biasanya ditempelkan pada stiker yang menempel di casing belakang.

4. Periksa kotak kemasan

Selain itu, nomor IMEI juga tertera pada kotak kemasan. Nomor IMEI pada kotak kemasan Sony biasanya ditempel di bagian luar. Temukan nomor IMEI kemudian cocokkan dengan nomor IMEI pada perangkat ponsel. 

Cara mencocokkannya adalah dengan dial code seperti yang sudah disebutkan di atas atau bisa juga dengan mengakses www.IMEI.info. Masukkan kode yang Anda temukan di kotak kemasan dan nomor di bagian belakang baterai ponsel.

Jika nomor tersebut valid, situs akan menampilkan informasi tentang nomor IMEI situs dan detail identitas perangkat.

Post a Comment for "Cara Cek Imei HP Sony Xperia untuk Semua Tipe"