Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cek RAM Laptop Tanpa Aplikasi

Cara Cek RAM Laptop Tanpa Aplikasi
Apa sih hal pertama yang Anda perhatikan ketika sedang memilih sebuah laptop? Saya yakin pasti banyak orang atau mungkin hampir sebagian besar termasuk Anda yang sangat menginginkan RAM besar.

Ukuran RAM memang sangat berpengaruh pada kemampuan laptop maupun PC dalan menjalankan setiap programnya. Semakin besar kapasitas RAM yang dimiliki, semakin banyak pula program yang dapat dijalankan oleh laptop maupun PC secara bersamaan.

Nah, ini dia masalahnya, informasi mengenai kapasitas RAM dalam laptop tidak seperti informasi VGA Card yang biasanya atau mungkin sekarang semua laptop yang sudah ada stiker yang menempel pada fisik laptop.

Salah satu cara yang paling umum adalah dengan mengecek di box laptop itu sendiri. Namun, bagaimana jika box-nya sudah rusak atau hilang? Berikut ini cara mudah cek RAM laptop.

Cara Cek RAM Laptop Lewat DxDiag

Untuk yang pertama, saya akan kasih tau cara cek RAM laptop lewat DxDiag. DxDiag merupakan sebuah tools diagnostic yang digunakan untuk mengetes fungsi dari DirectX sekaligus memecahkan masalah yang terjadi pada hardware video maupun audio.

Berikut ini tutorial yang dapat kamu ikuti untuk mengecek RAM laptop:

  1. Tekan tombol Windows + R secara bersamaan hingga muncul kotak Run di sebelah kiri bawah. Anda juga dapat mengklik pada ikon start kemudia ketik kata Run hingga muncul sebuah kotak yang bernama Run.
  2. Pada kotak Run tersebut, ketiklah dxdiag, lalu tekan OK atau tombol enter enter pada keyboard laptop Anda
  3. Tunggu hingga muncul halaman baru yang bernama DirectX Diagnostic Tool. Kemudian cari pada kolom Memory untuk cek RAM laptop yang anda gunakan.

Cara Cek RAM Laptop Lewat Task Manager

Task manager selain berfungsi untuk memantau aplikasi apa saja yang sedang berlangsung di laptop juga dapat anda manfaatkan untuk mengecek RAM laptop.

Berikut ini tutorial cara cek RAM laptop via task manager: 

  1. Ada banyak cara yang dapat anda gunakan untuk mengakses task manager. Salah satunya lewat menu start, dengan cara tekan Ctrl + Shift + Esc pada keyboard, atau bisa juga dengan klik kanan pada taskbar lalu pilih task manager.
  2. Setelah task manager terbuka dengan sempurna, pilih pada tab Performance untuk mengecek RAM.
  3. Kemudian pilih Memory pada tab Performance dan disitu anda dapat mengecek RAM laptop yang anda gunakan.

Cara Cek RAM Laptop Lewat Command Prompt

Command Prompt atau biasa disebut CMD merupakan sebuah aplikasi command line interpreter (CLI) yang digunakan untuk menjalankan perintah yang dimasukkan oleh pemakainya atau penggunanya.

Terdapat banyak kode perintah yang dapat anda gunakan pada CMD. Kode-kode tersebut dapat anda pakai untuk mengecek jaringan, mematikan komputer, hingga mengecek RAM laptop.

Berikut ini tutorial cara cek RAM laptop via Command Prompt atau CMD:

  1. Untuk membuka CMD, terdapat beberapa langkah yang dapat anda lakukan. Anda dapat menekan Windows + R pada keyboard secara bersamaan, lalu ketik CMD pada kotak Run.
  2. Setelah menu CMD terbuka, ketikkan perintah systeminfo, lalu tekan enter pada keyboard
  3. Setelah semua informasi termuat, scroll ke bawah hingga menemukan Total Physical Memory. Pada bagian itulah anda dapat mengetahui berapa jumlah RAM yang terdapat pada laptop anda.

Cara Cek RAM Laptop Lewat Control Panel

Cara cek RAM laptop yang terakhir menggunakan control panel. Mimin rasa tidak usah lagi menjelaskan apa saja fungsi control panel. Langsung saja simak tutorial cek RAM laptop via control panel:

  1. Buka menu control panel yang ada pada laptop anda dengan mengklik start, lalu ketikan control panel hingga aplikasi terbuka
  2. Kemudian klik menu System and Security, lalu pilih menu System. Pada bagian system akan memuat informasi dasar laptop termasuk kapasitas RAM.
  3. Selain itu, anda juga dapat menggunakan shortcut dengan menekan tombol Windows + Pause atau Break pada keyboard untuk membuka halaman basic information.

Itulah 4 cara mudah cek RAM laptop yang dapat mimin bagikan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel menarik yang lainnya.

Post a Comment for "Cara Cek RAM Laptop Tanpa Aplikasi"