Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cek Spesifikasi Laptop di Windows 7, 8, dan 10

Cara Cek Spesifikasi Laptop di Windows 7, 8, dan 10
Di era yang semakin modern saat ini, teknologi terus berkembang secara signifikan. Ada berbagai kredensial laptop yang dapat membantu kinerja Anda. Laptop memiliki spesifikasi yang diusungnya, tergantung dari perusahaan yang membuatnya. Komponen di dalam laptop juga memiliki fungsi yang unik dan tidak bisa saling tergantikan.

Dalam proses kerja antara perangkat keras dan perangkat lunak, keduanya bekerja sama menjalankan sistem untuk memudahkan pekerjaan manusia. Jika komponen utama hardware dan software rusak, laptop tidak akan berjalan dengan baik atau bahkan tidak mau hidup sama sekali.

Dalam proses menyimpan file, setidaknya laptop membutuhkan ruang penyimpanan atau storage pendukung berupa hard disk atau SSD. Storage ini tidak bisa diganti dengan perangkat lain, misalnya diganti dengan VGA karena fungsinya berbeda.

Komponen laptop memiliki peran besar dalam kualitas performa perangkat yang dijalankannya. Saat menjalankan tugas-tugas berat seperti video editing dan 3D modeling, tentunya komponen VGA yang baik menjadi suatu keharusan.

Saat ini laptop atau komputer yang dilengkapi komponen dengan teknologi terkini biasanya akan memiliki performa yang jauh lebih baik dibandingkan dengan teknologi beberapa tahun yang lalu. Komputer dengan komponen yang dapat dilepas lebih mudah untuk ditingkatkan kinerjanya alias upgrade daripada laptop dengan komponen tetap atau tidak dapat diganti. 

Setelah membahas mengenai pentingnya spesifikasi laptop atau komputer, dapat disimpulkan bahwa melihat spesifikasi laptop merupakan salah satu elemen penting sebelum membeli. Hal ini dilakukan untuk menghindari kesalahan atau penipuan yang tidak diinginkan. Berikut cara melihat spesifikasi laptop.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop Windows 7, 8 dan 10

Salah satu cara untuk melihat spesifikasi laptop adalah dengan mengetahui core software yang ada di dalamnya. Karena software paling dasar dan terpenting dari sebuah laptop adalah OS atau Operating System. OS yang paling banyak digunakan saat ini adalah OS terbaru dari Windows yaitu Windows 10. Namun masyarakat Indonesia juga menggunakan OS Windows yang sudah berhenti update beberapa tahun lalu yaitu Windows 7 dan 8.

1. Melalui Properties di My Computer

Cara pertama untuk melihat spesifikasi laptop adalah melalui Properties.

Metodenya adalah:

  1. Buka File Explorer atau Komputer Saya
  2. Klik kanan pada ikon "PC Ini".
  3. Pilih "Properti"

Melalui cara ini, Anda bisa melihat spesifikasi beberapa jenis komponen standar seperti prosesor yang digunakan, nama perangkat, besaran RAM, dan jenis OS (32 atau 64 bit). Spesifikasi yang muncul adalah spesifikasi dasar, namun Anda sudah bisa menggunakan spesifikasi tersebut sebagai acuan seberapa baik performa laptop tersebut. Untuk melihat spesifikasi ini, Anda dapat menggunakan pintasan dengan menekan tombol "Windows + E" untuk masuk ke File Explorer.

2. Lewat Control Panel

Cara melihat spek laptop selanjutnya adalah melalui Control Panel, salah satu cara dasar untuk mengecek spek laptop.

Ikuti langkah ini:

  1. Tekan tombol "Windows + R" pada keyboard
  2. Ketik "panel kontrol" Tekan Enter
  3. Klik "Sistem dan Keamanan"
  4. Kemudian klik "Sistem"

Cara ini cukup efektif karena menampilkan informasi yang sama dengan cara pertama yaitu spesifikasi dasar laptop. Cara ini dikenal sebagai cara alternatif dari cara pertama dengan hasil yang sama dengan melihat spesifikasi laptop melalui Properties. Untuk melihat spesifikasi dasar seperti ini silahkan gunakan cara pertama atau kedua, sesuai dengan preferensi anda.

3. Melalui DirectX Diagnostic Tool

Cara ketiga untuk melihat spesifikasi laptop adalah dengan menggunakan DirectX Diagnostic Tool yang lebih dikenal dengan sebutan “DXDiag”. Nama DXDiag diambil dari cara kita mengetik dxdiag untuk masuk ke bagian spesifikasi.

Metodenya adalah:

  1. Tekan tombol Windows + R pada keyboard
  2. Ketik "dxdiag" di kolom "Buka".
  3. Tekan tombol Enter
  4. Jendela DirectX akan muncul

Alat Diagnostik Berbeda dengan cara pertama, cara ini menampilkan spesifikasi laptop Anda lebih detail. Pada bagian "Sistem", selain merk dan tipe laptop, Anda juga bisa melihat OS, prosesor, tipe BIOS, besaran RAM dan versi DirectX. Pada bagian Display, kamu bisa melihat tipe GPU atau VGA apa yang kamu gunakan. Jika laptop Anda memiliki VGA tambahan seperti NVIDIA atau RADEON, Anda bisa melihatnya di bagian Render. Sound dan Input juga bisa digunakan untuk menampilkan komponen tambahan yang terpasang di laptop seperti Keyboard, Mouse dan Speaker.

Post a Comment for "Cara Cek Spesifikasi Laptop di Windows 7, 8, dan 10"