Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membersihkan Lensa Kamera HP Dengan Mudah

Cara Membersihkan Lensa Kamera HP Dengan Mudah
Tidak sedikit orang yang puas dengan hasil jepretan HP saat ini. Pasalnya, teknologi kamera pada hp kini sudah mulai mendekati kamera semi profesional atau bahkan beberapa kamera profesional.

Namun perlu Anda ketahui bahwa hp dengan kamera terbaik tidak selalu menghasilkan foto dengan kualitas terbaik.

Bisa jadi juga kualitas kamera HP menurun karena perawatan yang kurang baik atau karena hal lain yang dapat menyebabkan hasil foto kurang baik.

Disini kami akan menjelaskan secara detail cara mudah membersihkan lensa kamera handphone agar hasil foto yang anda ambil akan terlihat lebih maksimal.

Cara Mudah dan Cepat Membersihkan Lensa Kamera HP

Bagaimana cara membersihkan lensa kamera hp dengan mudah dan cepat, dan berapa biaya untuk membersihkan kamera hp?

Asal tahu saja, membersihkan kamera hp sebenarnya sangat mudah.

Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membersihkannya. Jika Anda menggunakan bahan di sekitar Anda untuk membersihkan lensa kamera hp Anda.

Berikut 4 cara membersihkan lensa kamera hp dengan mudah, murah dan cepat. Semua bahan baku yang Anda butuhkan mungkin tersedia di sekitar Anda.

Jadi tidak perlu beli lagi di toko, apa yang dibutuhkan? Dan cara membersihkan lensa kamera hp yang benar, berikut penjelasannya:

1. Cara membersihkan kamera HP dengan minyak kayu putih

Siapa sangka ternyata minyak kayu putih yang biasa digunakan untuk mengobati masuk angin juga bisa digunakan untuk membersihkan lensa kamera hp.

Lalu bagaimana cara memperbaiki kamera depan dan belakang hp yang buram menggunakan minyak kayu putih? Berikut cara lengkapnya:

  1. Siapkan kain lembut atau kain mikrofiber
  2. Teteskan sedikit minyak kayu pada kain
  3. Gosok perlahan lensa kamera HP searah jarum jam
  4. Membersihkan lensa kamera hp dengan minyak kayu putih dapat membersihkan lensa kamera dari debu. Minyak kayu putih ini mampu mengangkat debu secara perlahan dan dengan hasil yang maksimal.

2. Cara membersihkan lensa kamera HP dengan pasta gigi

Anda bisa menggunakan pasta gigi atau pasta gigi untuk membersihkan lensa kamera hp Anda. Pasta gigi atau pasta gigi dapat digunakan untuk memperbaiki goresan halus pada lensa kamera hp Anda.

Sebaiknya gunakan pasta gigi putih alami untuk membersihkan dan juga meningkatkan kualitas lensa kamera hp Anda.

Setelah alat dan bahan disiapkan ikuti langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Oleskan sedikit pasta gigi atau pasta gigi ke lensa kamera hp Anda
  2. Gosok dengan lembut menggunakan kain lembut atau kain microfiber
  3. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan penyumbat telinga
  4. Dengan mengoleskan pasta gigi pada penyumbat telinga
  5. Terapkan dan juga putar searah jarum jam hingga merata ke seluruh lensa kamera Anda
  6. Tunggu sebentar
  7. Kemudian bersihkan dengan kain lembab yang lembut,
  8. Pasta gigi atau odol bisa meninggalkan goresan kecil pada lensa kamera hp. Pasta gigi atau pasta gigi dapat menjaga kekuatan lapisan pelindung Oleophobic Coating yang biasanya terletak pada bagian terluar lensa kamera.

Lapisan pelindung ini memiliki fungsi untuk memastikan kamera handphone tidak mudah tergores. Namun jika masih ada goresan, bisa diperbaiki dengan bantuan pasta gigi. Selain itu, fungsi pasta gigi juga dapat membersihkan kamera hp yang berdebu dan buram.

3. Cara membersihkan kamera HP dengan cairan pembersih

Membersihkan lensa kamera hp juga bisa menggunakan cairan pembersih atau cairan antiseptik. Namun apapun jenis cairan pembersih yang Anda gunakan, tentunya tidak mengandung bahan kimia tambahan karena dapat merusak lapisan pelindung lensa kamera.

Untuk penggunaannya kurang lebih sama dengan uraian di atas, yaitu oleskan cairan pembersih pada kain lembut dan gosok perlahan searah jarum jam.

Pastikan terlebih dahulu Anda memiliki kain yang lembut karena kain ini memiliki tekstur yang lembut dan tidak merusak lapisan kaca. Kain jenis ini juga biasa digunakan untuk membersihkan komponen perangkat elektronik yang mudah rusak.

4. Cara membersihkan lensa kamera HP yang berembun

Cara ini biasanya digunakan untuk lensa kamera hp yang berembun. Umumnya lensa kamera menjadi berdebu karena disimpan di tempat yang lembab.

Jadi, jika hasil jepretan kamera Anda kurang maksimal dan lensa kamera hp Anda terlihat bagus, mungkin faktor utamanya adalah lensa hp yang berembun.

Untuk mengatasi hal di atas, cara yang bisa dilakukan adalah dengan mematikan hp terlebih dahulu, kemudian lepas baterai hp Anda. Setelah itu, keringkan hp Anda dengan pengering atau hair dryer. Arahkan hair dryer di bagian samping hp agar kelembapan tidak terlihat di kamera Anda.

Post a Comment for "Cara Membersihkan Lensa Kamera HP Dengan Mudah"