Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi
Kamu memiliki masalah seputar keyboard laptop yang tidak berfungsi? Tenang saja, untuk memperbaikinya caranya cukup mudah kok dan kamu bisa lakukan sendiri di rumah. Bahkan saking mudahnya kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menservis laptop.

Keyboard yang tidak berfungsi dengan baik akan menjadi masalah yang cukup serius bagi penggunanya dan hal tersebut memang harus diakui. Entah itu pengguna komputer, laptop, maupun HP.

Apa sih yang harus dilakukan untuk memperbaiki keyboard yang tidak berfungsi? Tenang, kali ini saya akan memberikan cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi dan bisa saya pastikan 99% works.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi

Keyboard merupakan salah satu hardware yang memiliki fungsi sangat penting. Namun, karena sering digunakan membuat keyboard menjadi salah satu komponen yang paling cepat atau paling rentan mengalami kerusakan.

Kerusakan pada keyboard yang sering terjadi adalah keyboard tidak bisa dipencet, rusak pada beberapa huruf, hingga keyboard tidak bisa digunakan secara keseluruhan.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi.

Tidak usah berlama-lama lagi berikut ini cara-caranya.

1. Membersihkan Keyboard dari Debu

Jika kerusakan pada keyboard kamu hanya terjadi di beberapa huruf saja, sementara yang lainnya berfungsi dengan baik, bisa saja kerusakan pada keyboard laptop kamu disebabkan oleh debu yang sudah menumpuk.

Untuk membersihkan debu-debu tersebut secara efektif dari keyboard, kamu dapat mengikuti tutorial berikut ini.

  1. Pastikan bahwa kamu sudah menonaktifkan laptop.
  2. Kemudian, miringkan laptop pada sudut 75 hingga 90 derajat.
  3. Sambil dimiringkan, goyangkan laptop kamu untuk membersihkan debu-debunya.
  4. Untuk memaksimalkannya, silahkan kamu gunakan selotip untuk membersihkan bagian atas dan bawah keyboard dari debu.
  5. Langkah terakhir, silahkan kamu tombol-tombol yang tidak berfungsi tadi, apakah sudah dapat digunakan kembali atau belum.

2. Merestart Laptop

Jika kerusakan pada keyboard terjadi secara tiba-tiba setelah digunakan atau saat digunakan, maka kemungkinan besar kerusakannya terjadi pada software/driver keyboard. Cara mudah untuk memperbaikinya adalah kamu dapat merestart laptop agar driver keyboard dapat kembali bekerja dengan normal.

Software laptop yang tiba-tiba mengalami error bisa saja disebabkan oleh perangkat keras yang terhubung dengan laptop tidak bekerja secara seharusnya.

Jika tiba-tiba laptop dalam keadaan hang dan tidak dapat melakukan restart dari menu start, kamu tetap dapat merestartnya dengan menekan tombol power selama 5-15 detik atau lebih hingga monitor laptopmu sudah menjadi gelap.

3. Mengupdate Driver Keyboard

Jika cara kedua tidak berhasil, maka dapat dipastikan bahwa keyboard laptop yang tidak berfungsi diakibatkan oleh driver keyboard kamu yang sudah ketinggalan jaman akibat tidak pernah di update sehingga membuat keyboard kurang responsif.

Untuk mengupdate driver keyboard di laptop, caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu kuota internet dan mengikuti tutorial berikut ini.

  1. Cari dan buka program Device Manager.
  2. Kemudian, kamu pilih driver keyboard dan klik ikon collapse yang berada di sampingnya.
  3. Jika setelah dicek ternyata ada ikon tanda seru berwarna kuning pada pilihan menu driver keyboard.
  4. Kamu harus mengupdate driver tersebut dengan mengklik kanan pada mouse dan pilih Update Driver Software.

Nah, itu dia 3 cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi. Semoga dengan cara-cara tersebut keyboard laptop kamu dapat kembali bekerja secara normal

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi"